Senin, 19 April 2021


 ANALISIS JURNAL DESAIN PEMODELAN GRAFIS

 

Pemodelan 3D

Objek 3D atau objek tiga dimensi adalah sebuah objek  /  ruang  yang  memiliki  panjang,  lebar  dan  tinggi yang  memiliki  bentuk.  3D  tidak  hanya  digunakan  dalam matematika  dan  fisika  saja  melainkan  dibidang  grafis, seni, animasi, komputer dan lain-lain.  Dalam  grafik  komputer  3D,  modeling  3D  adalah suatu    proses    menciptakan    objek    3D    yang    ingin dituangkan  dalam  bentuk  visual  nyata  melalui  perangkat lunak tertentu.

Rendering

Rendering   adalah   proses   akhir   dari   proses pemodelan    dimana    semua    data-data    yang    sudah dimasukkan  dalam  proses  modeling,  animasi,  teksturing, pencahayaan,  akan  diterjemahkan  dalam  bentuk  output tampilan akhir pada model dan animasi.

Unity3D

Unity  adalah  multi  platform game  engine  yang dikembangkan  oleh  Unity  Technologies.  Unity  sendiri mencakup game   engine   dan   Integrated   Development Environment   (IDE)   dalam   satu   paket.   Unity   dapat digunakan  untuk  membuat video  game  untuk website, desktop,  berbagai  macam  konsol,  dan  juga  perangkat bergerak. Berbagai  macam  fitur  ditawarkan  oleh  Unity, diantaranya In-built Rendering, Scripting, Asset Tracking, Asset Store, dan Physics. 

Sketchup

Sketchup adalah perangkat lunak pemodelan 3D yang  dirancang  untuk  arsitek,  insyinyur  sipil,  pembuat film,  pengembang  permainan,  aplikasi,  dan  profesi  lain yang terkait bidang 3D. Keunggulan  Sketchup  dibanding  perangkat  lunak  lain diantaranya adalah :

1) Antarmuka  yang  mudah  dimengerti  dan  menarik, sehingga mudah digunakan bagi pemula sekalipun.

2) Dukungan  berbagai open  source  plugin  yang  akan memudahkan kinerja Sketchup

 

ANALISIS JURNAL

Judul Jurnal : 

Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3D Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah Menggunakan Unity3D

Penulis : R. Rizal Isnanto , Didik Eko Widianto

Dalam jurnal ini berisi upaya penulis untuk membuat pemodelan  3D Masjid Agung Jawa Tenga. Dimana dimulai dengan mengimpor berkas .FBX ke unity3D, lalu ubah skala nya menjadi 1.

Dalam jurnal ini terdapat sistematika pembuatan yang detail dimana dimulai dari adanya desain sistem yaitu diagram alir dan design strukktur navigasi.

Pemodelan masjid ini dimulai dari aplikasi sketch up dan dilanjutkan dengan unity3D dimana kita dapat menambahkan karakter bertipe sudut pandang orang pertama, pencahayaan, mengatur Terrain, menbambahkan objek serta menambahkan skrip. 

Pembahasan Lengkap Jurnal ini sebagai berikut : 

1. Landasan Teori mengenai masjid agung jawa tengah

2. Pengertian Pemodelan 3D, Rendering, Unity3d, sketchup

3. Tahap Perancangan Sistem

    a. Tahap Pengembangan sistem

    b. analisis kebutuhan dalam pebuatan design

    c. desain sistem ( diagram alir dan struktur navigasi)

4. Implementasi pengujian menggunakan sketchup dan unity3d

5. Pengujian menggunakan metode blackbox

  

Implementasi pada unity3d


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 PEMBUATAN PROJEK RUMAH      Dalam pembuatan projek rumah, kita menggunakan blender untuk membuat bangunannya serta materialnya. Kita menggu...