ANALISIS JURNAL DESAIN PEMODELAN GRAFIS
Pemodelan 3D
Objek 3D atau objek tiga dimensi adalah sebuah objek / ruang yang memiliki panjang, lebar dan tinggi yang memiliki bentuk. 3D tidak hanya digunakan dalam matematika dan fisika saja melainkan dibidang grafis, seni, animasi, komputer dan lain-lain. Dalam grafik komputer 3D, modeling 3D adalah suatu proses menciptakan objek 3D yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata melalui perangkat lunak tertentu.
Rendering
Rendering adalah proses akhir dari proses pemodelan dimana semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, teksturing, pencahayaan, akan diterjemahkan dalam bentuk output tampilan akhir pada model dan animasi.
Unity3D
Unity adalah multi
platform game engine yang dikembangkan oleh
Unity Technologies. Unity
sendiri mencakup game
engine dan Integrated
Development Environment (IDE) dalam
satu paket. Unity
dapat digunakan untuk membuat video
game untuk website, desktop, berbagai
macam konsol, dan
juga perangkat bergerak.
Berbagai macam fitur
ditawarkan oleh Unity, diantaranya In-built Rendering,
Scripting, Asset Tracking, Asset Store, dan Physics.
Sketchup
Sketchup adalah perangkat lunak pemodelan 3D yang dirancang untuk arsitek, insyinyur sipil, pembuat film, pengembang permainan, aplikasi, dan profesi lain yang terkait bidang 3D. Keunggulan Sketchup dibanding perangkat lunak lain diantaranya adalah :
1) Antarmuka yang mudah dimengerti dan menarik, sehingga mudah digunakan bagi pemula sekalipun.
2) Dukungan berbagai open source plugin yang akan memudahkan kinerja Sketchup
ANALISIS JURNAL
Judul Jurnal :
Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3D Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah Menggunakan Unity3D
Penulis : R. Rizal Isnanto , Didik Eko Widianto
Dalam jurnal ini berisi upaya penulis untuk membuat pemodelan 3D Masjid Agung Jawa Tenga. Dimana dimulai dengan mengimpor berkas .FBX ke unity3D, lalu ubah skala nya menjadi 1.
Dalam jurnal ini terdapat sistematika pembuatan yang detail dimana dimulai dari adanya desain sistem yaitu diagram alir dan design strukktur navigasi.
Pemodelan masjid ini dimulai dari aplikasi sketch up dan dilanjutkan dengan unity3D dimana kita dapat menambahkan karakter bertipe sudut pandang orang pertama, pencahayaan, mengatur Terrain, menbambahkan objek serta menambahkan skrip.
Pembahasan Lengkap Jurnal ini sebagai berikut :
1. Landasan Teori mengenai masjid agung jawa tengah
2. Pengertian Pemodelan 3D, Rendering, Unity3d, sketchup
3. Tahap Perancangan Sistem
a. Tahap Pengembangan sistem
b. analisis kebutuhan dalam pebuatan design
c. desain sistem ( diagram alir dan struktur navigasi)
4. Implementasi pengujian menggunakan sketchup dan unity3d
5. Pengujian menggunakan metode blackbox
Implementasi pada unity3d
Tidak ada komentar:
Posting Komentar